Jumat, 23 Oktober 2020

IBRAHIN BIN ADHAM - (88)

 


Ibrahim Ibnu Adham bin Mansur Ibnu Yazid Ibnu Jabir al-Ijli, dilahirkan di Khurasan tahun 112 H/730 M dan meninggal tahun 161 H/778 M di suatu benteng di daerah Romawi. Ia salah seorang tokoh sufi besar yang meninggalkan kehidupan duniawi, dan  mengembara tanpa memiliki tempat tinggal yang tetap..

Semula, Ibrahim bin Adham adalah seorang raja Balkh yang sangat luas daerah kekuasaannya. Ke manapun ia pergi, empat puluh buah pedang emas dan empat puluh buah tongkat kebesaran emas diusung di depan dan di belakangnya. Pada suatu malam ketika ia tertidur di kamar istananya, langit-langit kamar seolah-olah ada seseorang yang sedang berjalan di atas atap. Segera ia naik ke atas dan menemukan seseorang. “Apa yang kau cari di sini?” bentak  Ibrahim bin Adham kepada orang itu. “Aku mencari ontaku yang hilang” jawab orang itu. “Apa anda tidak gila mencari onta dalam istanaku?” seru Ibrahim marah. “Ya seperti anda juga mencari Ttuhan di dalam  kemewahan istana” jawab orang itu sambil melompat ke bawah dan kemudian lenyap.

Kejadian tersebut  amat membekas dalam diri Ibrahim dan merupakan titik awal dari perubahan pendirian dan kehidupannya. Untuk mencari ketenangan dan jawaban yang memuaskan hati dari  peristiwa aneh itu, akhirnya ia memutuskan untuk  meninggalkan istana. Dengan membawa piring, gelas, selimut dan bantal untuk dirinya sendiri. Ia meninggalkan istana yang gemerlap. Beberapa mil setelah meninggalkan istana, ia melihat seorang laki-laki menimba air dengan susah payah hanya menggunakan telapak tangan. Melihat orang itu, terkesan dalam hatinya, lalu ia segera membuang cangkir yang ada di tangannya. Di tengah-tengah perjalanan ia melihat laki-laki tertidur dengan menggunakan dua tangannya sebagai bantal. Melihat orang itu, segera ia membuang bantalnya. Didalam perjalanan berikutnya, ia melihat seorang laki-laki tanpa selimut sedikitpun, maka ia membuang selimut yang ada padanya. Dengan demikian, ia pergi tanpa membawa persiapan harta sedikitpun. Ia berkelana dari satu negeri ke negeri yang lain, mencari ilmu dan meraih hikmah untuk suatu tujuan utama yaitu menemukan kebenaran yang sejati dalam rangka menuju Tuhan.

Ibrahim bin Adham pernah belajar kepada Imam Abu Hanifah dan sejumlah tokoh sufi di masanya, antara lain Abu Yazid al-Busthami. Selain itu, ia hidup dan pernah bertemu dengan banyak tokoh sufi di zamannya seperti Fudhail bin ‘Iyadh, dan Sofyan ats-Tsauri. Perjalanan dan kajian-kajian tasawufnya ia lakukan dengan intens sampai ia bertemu dengan nabi Allah, Khidir AS..

Tasawuf Ibrahim bin Adham dimulai dari berbagai pertanyaan yang bersumber dari al-Quran sendiri, sebagaimana yang tampak dalam surat al-Mukminun ayat 115: “apakah engkau kira bahwa kamu, Kami jadikan percuma ? dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami ?”. Pertanyaan-pertanyaan seperti ini berlanjut dengan pertanyaan lain yang mendasar tentang makna dan hakikat hidup dan kehidupan. Jawaban-jawaban atas pertanyaan itu ditemukannya dalam perjalanan panjang dan mujahadahnya yang intensif, hingga dengan tenang ia meninggalkan jabatan dan istana yang gemerlap sampai beroleh ridha yang sejati.

Menurut Ibrahim bin Adam, tasawuf adalah keindahan dan kebesaran menuju kepada Kebebasan Sejati. Karena itu tasawuf bukan suatu sistem yang keras dan kaku, bukan menekan diri dan perasaan, bukan membawa hidup susah dan bukan meninggalkan fitrah. Akan tetapi, tasawuf adalah membawa manusia kepada pilihan-pilihan yang benar, hidup zuhud, berlaku adil dan penuh keutamaan dalam kehidupan yang menanjak menuju kepada kesucian diri. Dengan pilihan itulah kita meninggalkan dunia hingga kita menjadi bebas.

Ibrahim bin Adam tidak meninggalkan suatu karya. Meskipun demikian, ia tetap berpesan agar jangan berharap untuk menemukan hikmah tanpa hidup dalam taqwa, karena hikmah mamancar dari kebersihan dan ketaqwaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar